Kamis, 27 Juni 2013

CONTOH PTK BAHASA INGGRIS :



UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA REPORT TEXT BAHASA INGGRIS MELALUI PENGUASAAN KOSAKATA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA  ……TAHUN PELAJARAN.....


BAB I

PENDAHULUAN


I.     Latar Belakang
Satu hal yang terkadang tidak disadari oleh guru atau tutor bahasa Inggris konvensional adalah metode mereka yang tidak berhasil membuat murid-murid mereka komunikatif dalam berbahasa Inggris. Dalam belajar mengenai bahasa Inggris, skill atau keterampilan yang pertama kali harus diajarkan adalah Listening atau ketrampilan mendengarkan. Kita harus terlebih dahulu belajar mendengarkan sebanyak mungkin percakapan, kosa kata, lagu, dan sebagainya yang menggunakan bahasa Inggris. Setelah mampu mendengarkan dengan baik, baru kita bisa berkomunikasi secara lisan atau Speaking dengan lancar. Setelah ketrampilan mendengarkan (listening) dan berbicara (speaking) telah dipelajari secara intensif, maka kita dapat mulai belajar untuk membaca (reading) text atau bacaan mengenai bahasa Inggris. Jadi adalah hal yang salah jika memulai belajar Bahasa Inggris melalui ketrampilan membaca atau menghafalkan kosa kata melalui bacaan. Kita akan lebih mudah menguasai Bahasa Inggris dengan mendengarkan terlebih dahulu.Apalagi jika belajar Grammar, tidaklah efektif jika dilakukan tanpa belajar Listening dan Speaking. Pada urutan terakhir adalah ketrampilan menulis. Ketrampilan ini dikenal paling sulit sehingga tahapan menulis bahasa Inggris ada dipaling akhir setelah kita menguasai Listening, Speaking, dan Reading. Didalam menguasai tiap ketrampilan mengenai bahasa Inggris, Anda juga secara otomatis menguasai komponen-komponennya seperti Vocabulary, Grammar, dan Pronounciation.
Salah satu gejala kesulitan belajar adalah kesulitan dalam membaca.  Ketrampilan membaca adalah dasar dari ketrampilan yang dibutuhkan di sekolah.  Tanpa kemampuan membaca yang mumpuni, maka anak akan kesulitan untuk memahami pelajaran yang diberikan Instruksi membaca dirancang untuk mengajarkan membaca dua elemen: mekanik dan pemahaman. Sementara dasar untuk membaca dimulai pada saat lahir, fokus instruksi dari prasekolah melalui kelas tiga adalah membaca mekanik, dan membaca pemahaman adalah fokus dari kelas tiga ke awal dewasa. Hal ini tidak dapat diasumsikan bahwa seorang anak dengan ketidakmampuan belajar akan menguasai mekanisme membaca dengan kelas tiga. Jadi, sangat penting bahwa instruksi membaca yang tepat adalah tersedia sepanjang / karir sekolahnya (Learning Disability Association of America, 1998).
Membaca dengan mekanik dan pemahaman terdiri dari berbagai tingkat keterampilan yang biasanya diajarkan secara progresif. Tingkat keterampilan yang terlibat dalam mekanika membaca meliputi pra-membaca, decoding dan kefasihan berbahasa. Pra-membaca keterampilan membangun berbagai individu tumbuh pengalaman yang berkembang kesadaran dan apresiasi terhadap kata-kata yang tercetak. Individu harus didorong untuk menyadari kata-kata di mana pun mereka muncul, misalnya, pada label bahan makanan, benda rumah tangga, billboard, dan sejenisnya. Individu dapat memperoleh pemahaman yang lebih rumit dari bahasa yang ditulis dengan belajar:
·         Alfabet, termasuk nama, suara, dan bentuk huruf, dan bagaimana menulis mereka;
·         Bahwa Inggris memiliki kiri ke kanan directionality;
·         Bahwa kata-kata yang terdiri dari huruf dan suku kata;
Bahwa kata-kata yang terdiri dari unsur-unsur suara atau fonem, dan dengan mempelajari aplikasi praktis dari hubungan antara suara dan huruf perwakilan mereka dengan menghitung suara dalam kata, melalui permainan berima dan latihan, substitusi fonemik, dan menciptakan kata-kata omong kosong oleh mengganti atau menata ulang fonem (kesadaran fonologi) (Learning Disability Association of America, 1998). Kosakata bahasa Inggris adalah sebuah komponen yang begitu penting di dalam pembelajaran. Tanpa memahami kosakata, kita tidak mampu menangkap ide saat listening, memahami bacaan di saat reading, mengucapkan sesuatu di saat speaking, dan menuliskan kata-kata yang mempunyai maksud tertentu di saat pembelajaran writing skill. Pada intinya, kosakata bahasa Inggris dapat dikatakan sebagai elemen kunci dalam sebuah pembelajaran. Tidak heran, apabila seorang guru terus menerapkan beragam metode mulai dari hafalan hingga metode yang sedikit lebih inovatif agar anaknya mampu mendapatkan banyak pemahaman kosakata bahasa Inggris.
Report Text adalah salah satu dari ke-13 jenis teks bahasa Inggris (Types of Text) yang menghadirkan informasi tentang sesuatu seperti alam, hewan, tumbuhan, hasil karya manusia, dan fenomena sosial dengan apa adanya. Informasi yang dihadirkan dalam Report Text adalah hasil dari observasi dan analisis secara sistematis.  Tujuan komunikatif dari Report Text adalah menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang di deskripsikan dapat meliputi gejala alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah Report Text dapat berupa kesimpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi Informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut para guru dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan media komunikasi bukan saja dapat mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Menurut Sanjaya (2010:162) proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Dalam suatu proses komunikasi selalu melibatkan tiga komponen pokok, yaitu komponen pengirim pesan (guru), komponen penerima pesan (siswa), dan komponen pesan itu sendiri yang biasanya berupa materi pelajaran. Kadang-kadang dalam proses pembelajaran terjadi kegagalan komunikasi. Artinya, materi pelajaran atau pesan yang disampaikan guru tidak dapat diterima oleh siswa dengan optimal, artinya tidak seluruh materi pelajaran dapat dipahami dengan baik oleh siswa; lebih parah lagi siswa sebagai penerima pesan salah menangkap isi pesan yang disampaikan. Untuk menghindari semua itu, maka guru dapat menyusun strategi pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber pelajaran. Media Visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Yang termasuk ke dalam media adalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar, dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis dan lainnya. Media berbasis visual ( image atau perumpamaan ) memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi  Media Audiovisual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat, misalnya rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media yang pertama dan kedua. Jelaslah bahwa media audio visual merupakan media yang sebaiknya digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Media merupakan salah satu metode untuk memperoleh kemudahan ketika proses pembelajaran dirasakan menemui kerumitan dan kebosanan dalam pembelajaran. , oleh karena alasan inilah penulis membuat penelitaian tindakan kelas dengan judul : “Upaya peningkatan keterampilan membaca report text bahasa Inggris melalui penguasaan kosakata menggunakan media audio visual siswa…..tahun pelajaran ….”
II.  Rumusan  masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka identifikasi masalah yang  perlu untuk diteliti dan dipecahkan sebagai berikut : 
1.      Bagaimanakah upaya yang di lakukan guru dalam meningkatan keterampilan membaca report text bahasa Inggris melalui penguasaan kosakata menggunakan media audio visual siswa…..?
2.      Bagaimanakah pengaruh pembelajaran keterampilan membaca report text bahasa Inggris melalui penguasaan kosakata menggunakan media audio visual siswa…..tahun pelajaran ….?
3.      Bagaimanakah keefektifan media Audio visual dalam peningkatan keterampilan membaca report text bahasa Inggris melalui penguasaan kosakata menggunakan media audio visual siswa…..tahun pelajaran …?
III.   Tujuan Penelitian 
Tujuan umum
Untuk  Meningkatkan mutu ,  proses, serta hasil  pembelajaran disekolah  pada  upaya peningkatan peningkatan keterampilan membaca report text bahasa Inggris melalui penguasaan kosakata menggunakan media audio visual siswa…..tahun pelajaran ….Serta Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk melakukan inovasi pembelajaran  di dalam kelas khususnya  melalui pembelajaran bahasa Inggris dengan baik dan benar
Mau tahu kelanjutan  Bab II, III, IV, dan V...segera hub Panca Lukitasari (085) 732048374. Menerima pemesanan PTK untuk bidang studi lain.


1 komentar:

  1. Bisa di percaya dan di jamin belum pernah di buat sebelumnya. kalau ada yang sama uang kembali

    BalasHapus